Rabu, 12 Februari 2014

instrumen penilaian RPP eksponen dan logaritma

KELOMPOK :
ANGGOTA KELOMPOK :     1.                                                         4.
                                                2.                                                         5.
                                                3.
LEMBAR AKTIFITAS SISWA
 
 




Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.1  Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
4.1  Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
Indikator
1.      Menjelaskan kembali mengenai sifat-sifat operasi pada bentuk akar.
2.      Menerapkan berbagai sifat operasi pada bentuk akar dalam menyelesaikan masalah.
Tujuan
1.      Menjelaskan kembali mengenai sifat-sifat operasi pada bentuk akar secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
2.      Menerapkan berbagai sifat operasi pada bentuk akar dalam menyelesaikan masalah.
Alokasi Waktu : 40 menit
Kerjakanlah soal-soal berikut ini dengan menggunakan konsep-konsep pada operasi bilangan akar!
1.      Sederhanakanlah operasi bentuk akar dibawah ini
a.      
b.     
Rounded Rectangle: Kesimpulan
a-b= ……………………………………………………………………………………………………
a+b= ……………………………………………………………………………………………………
Jawab :















2.      Jika , maka nilai x adalah
Jawab
Rounded Rectangle: Misalkan:
… = ………….. dan … = ………….
Maka
x = ………………………………………………
x = ………………………………………………
x = ………………………………………………
Substitusikan permisalan
x = ….…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Jadi, x=(3-√5)(√(3+√5) )+(3+√5)(√(3-√5) )=
 





























3.      Bentuk sederhana dari
Jawab
Rounded Rectangle: Ingat kembali rumus yang didapatkan pada no 1
 







LEMBAR PENILAIAN LEMBAR AKTIFITAS SISWA

Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.2  Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
4.2  Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
Indikator
1.      Menjelaskan kembali mengenai sifat-sifat operasi pada bentuk akar.
2.      Menerapkan berbagai sifat operasi pada bentuk akar dalam menyelesaikan masalah.

Tujuan
1.      Menjelaskan kembali mengenai sifat-sifat operasi pada bentuk akar secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
2.      Menerapkan berbagai sifat operasi pada bentuk akar dalam menyelesaikan masalah.
NO
JAWABAN
SKOR
1
 

Kesimpulan
2

3
3
1
1


2


3
3
1
1

2

2

Total skor
24
2
Misalkan
Maka
Dan
Sehingga
Jadi,

4

3
4
3
5


3

8

5

8

2
2
1
3

Total skor
51
3
Ingat rumus
Sehingga
Jadi, bentuk sederhana dari



5



5

8

4
3

Total skor
25
TOTAL SKOR
100

NILAI : 80 – 100 = SANGAT BAIK
70 – 79 = BAIK
60 – 69 = CUKUP
 = KURANG



SOAL POSTEST

1.      Carilah nilai dari
2.      Rasionalkanlah  


RUBIK PENILAIAN POSTEST

No
Jawaban
Skor
1

20

10

10
Skor
40
2
10

5

10

5

10

5

10
5
Skor
60
Total Skor
100

KETERANGAN
NILAI KELOMPOK = NILAI HASIL LEMBAR AKTIFITAS SISWA
NILAI INDIVIDU = NILAI POSTEST
NILAI : 80 – 100 = SANGAT BAIK
 70 – 79 = BAIK
 60 – 69 = CUKUP
  = KURANG



LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas/semester                     : X/1
Tahun Pelajaran                    :
Waktu Pengamatan               :
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran Eksponen (operasi pada bentuk akar).
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran Eksponen (operasi pada bentuk akar).
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran Eksponen (operasi pada bentuk akar) tetapi belum konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan pembelajaran Eksponen (operasi pada bentuk akar) secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak berusaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha berusaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok tetapi belum konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerja sama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha berusaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi belum konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1


















































2


















































3


















































4


















































5


















































6



















































Keterangan:
KB       : Kurang Baik
B          : Baik
SB        : Sangat Baik



LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas/semester                     : X/1
Tahun Pelajaran                    :
Waktu Pengamatan               :

Indikator Terampil menggunakan konsep/prinsip pada operasi pada bentuk akar operasi akar dalam menyelesaikan suatu masalah.
1.      Kurang terampil jika menunjukkan sama sekali tidak dapat menggunakan konsep/prinsip pada operasi pada bentuk akar operasi akar dalam menyelesaikan suatu masalah.
2.      Terampil jika menunjukkan sudah ada usaha menggunakan konsep/prinsip pada operasi pada bentuk akar operasi akar dalam menyelesaikan suatu masalah tetapi belum tepat.
3.      Sangat Terampil jika menunjukkan adanya usaha untuk konsep/prinsip pada operasi pada bentuk akar operasi akar dalam menyelesaikan suatu masalah dan sudah tepat.



Bubuhkan tanda pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Menggunakan konsep/prinsip dalam menyelesaikan suatu masalah
KT
T
ST
1




















2




















3




















4




















5




















6





















Keterangan:
KT       : Kurang Terampil
B          : Terampil
SB        : Sangat Terampil



Tidak ada komentar:

Posting Komentar