KELOMPOK :
ANGGOTA KELOMPOK : 1. 4.
2. 5.
3.
|
|||
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai
dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa
kebenaran langkah-langkahnya.
4.1 Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen
dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang
telah terbukti kebenarannya.
Indikator
1. Menjelaskan kembali mengenai sifat-sifat operasi pada bentuk
akar.
2. Menerapkan berbagai sifat operasi pada bentuk akar dalam menyelesaikan
masalah.
Tujuan
1. Menjelaskan kembali mengenai sifat-sifat operasi pada bentuk
akar secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
2. Menerapkan berbagai sifat operasi pada bentuk akar dalam
menyelesaikan masalah.
Alokasi Waktu : 40 menit
Kerjakanlah
soal-soal berikut ini dengan menggunakan konsep-konsep pada operasi bilangan
akar!
1. Sederhanakanlah
operasi bentuk akar dibawah ini
a.
b.
Jawab :
2. Jika , maka nilai x adalah
Jawab
3. Bentuk
sederhana dari
Jawab
LEMBAR PENILAIAN LEMBAR AKTIFITAS SISWA
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.2 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai
dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa
kebenaran langkah-langkahnya.
4.2 Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa
eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan
aturan yang telah terbukti kebenarannya.
Indikator
1. Menjelaskan kembali mengenai sifat-sifat operasi pada bentuk
akar.
2. Menerapkan berbagai sifat operasi pada bentuk akar dalam
menyelesaikan masalah.
Tujuan
1. Menjelaskan kembali mengenai sifat-sifat operasi pada bentuk
akar secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
2. Menerapkan berbagai sifat operasi pada bentuk akar dalam
menyelesaikan masalah.
NO
|
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Kesimpulan
|
2
3
3
1
1
2
3
3
1
1
2
2
|
|
Total skor
|
24
|
2
|
Misalkan
Maka
Dan
Sehingga
Jadi,
|
4
3
4
3
5
3
8
5
8
2
2
1
3
|
|
Total skor
|
51
|
3
|
Ingat
rumus
Sehingga
Jadi,
bentuk sederhana dari
|
5
5
8
4
3
|
|
Total
skor
|
25
|
TOTAL SKOR
|
100
|
NILAI
: 80 – 100 = SANGAT BAIK
70 – 79 = BAIK
60 – 69 = CUKUP
= KURANG
SOAL POSTEST
1. Carilah
nilai dari
2. Rasionalkanlah
RUBIK
PENILAIAN POSTEST
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
|
20
10
10
|
Skor
|
40
|
|
2
|
|
10
5
10
5
10
5
10
5
|
Skor
|
60
|
|
Total Skor
|
100
|
KETERANGAN
NILAI KELOMPOK = NILAI HASIL LEMBAR AKTIFITAS SISWA
NILAI INDIVIDU = NILAI POSTEST
NILAI : 80 – 100 = SANGAT BAIK
70 – 79 = BAIK
60 – 69 = CUKUP
= KURANG
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : X/1
Tahun Pelajaran :
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran Eksponen (operasi pada bentuk akar).
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran Eksponen (operasi pada bentuk akar).
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam
pembelajaran Eksponen (operasi pada bentuk akar) tetapi belum
konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam
menyelesaikan pembelajaran Eksponen (operasi pada
bentuk akar) secara
terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak berusaha untuk
bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha berusaha untuk bekerja sama
dalam kegiatan kelompok tetapi belum konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerja sama dalam
kegiatan kelompok secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha berusaha untuk bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi belum
konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus
dan konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB :
Kurang Baik
B :
Baik
SB :
Sangat Baik
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : X/1
Tahun Pelajaran :
Waktu Pengamatan :
Indikator Terampil
menggunakan konsep/prinsip pada operasi pada bentuk akar operasi akar dalam
menyelesaikan suatu masalah.
1.
Kurang terampil jika menunjukkan sama sekali tidak dapat
menggunakan konsep/prinsip pada operasi pada bentuk
akar operasi akar dalam menyelesaikan suatu masalah.
2.
Terampil jika menunjukkan sudah ada usaha menggunakan konsep/prinsip pada operasi pada bentuk akar operasi akar
dalam menyelesaikan suatu masalah tetapi belum tepat.
3.
Sangat Terampil jika menunjukkan adanya usaha untuk konsep/prinsip pada operasi pada bentuk akar operasi akar
dalam menyelesaikan suatu masalah dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||
Menggunakan konsep/prinsip dalam
menyelesaikan suatu masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang Terampil
B : Terampil
SB : Sangat Terampil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar